Cursor

Sabtu, 19 Januari 2013

Macam-Macam Huruf Tarqiq

الترقيق 
pengertian TARQIIQ menurut lughoh ( bahasa ) adalah :  التنحيف ( ATTANHIIF ) artinya : tipis/kurus.
sedangkan pengertian TARQIIQ menurut Ishtilah adalah : النطق بالحرف نحيفا غيرممتليء الفم 
( ANNUTHQU  BILHARFI  NAHIIFAN  GHOIRO  MUMTALI-ILFAMI ) artinya : mengucapkan huruf dengan tipis, tidak sampai memenuhi mulut.
                Huruf-Huruf yang harus dibaca TARQIIQ adalah :
1. seluruh Huruf ISTIFAAL yang berjumlah 22  yang terkumpul pada lafazh :
ثبت عزمن يجود حرفه إذ سل شكا  ( TSABBATA  'IZZU  MAN  YUJAWIDU  HARFAHU  IDZ  SALA SYAKAN ) yaitu :  ث ب ت ع ز م ن ي ج و د ح ر ف ه ء ذ س ل ش ك ا 
( TSA- BA- TA- 'AIN- ZAI- MIM- NUN- YA- JIM- WAU- DAL- HA- RO- FA- HA- HAMZAH- DZAL- SIN- LAM- SYIN- KAF- ALIF ) seluruh huruf ini harus dibaca TARQIIQ ( tipis ) kecuali 3 huruf yaitu : ل ر ا  ( LAM, RO,dan ALIF. )  Huruf  LAM dan  RO  dalam kondisi tertentu bisa dibaca TAFKHIIM ( tebal ) apabila memenuhi syarat TAFKHIIM yaitu : dianataranya  Huruf  RO yang berharkat DHOMAH atau  FATHAH, dsb.  seperti yang telah di terangkan pada BAB macam-macam huruf TAFKHIIM. dan dalam kondisi tertentu Huruf  RO juga bisa dibaca TARQIIQ ( tipis ) seperti huruf   RO  yang berharkat  KASROH  dsb.  sama halnya dengan huruf  LAM, dalam kondisi tertentu bisa dibaca TAFKHIIM ( tebal ) seperti LAM LAFDZUL JALAALAH ( الله ) setelah huruf yang berharkat DHOMAH atau FATHAH. dan selain daripada ini maka Huruf  LAM dibaca TARQIIQ ( tipis )
adapun huruf  ALIF harus mengikuti kepada huruf yang sebelumnya, apabila huruf ALIF berada setelah huruf yang harus dibaca TAFKHIIM, maka huruf  ALIF tersebut harus ikut  TAFKHIIM. seperti lafazh : 
 قال ( QOOLA )  huruf  QOF termasuk huruf ISTI'LAA yang harus dibaca TAFKHIIM, maka huruf ALIF tersebut terbawa TAFKHIIM oleh huruf QOF. dan apabila huruf ALIF berada setelah huruf yang harus dibaca TARQIIQ maka huruf ALIF tersebut pun harus ikut TARQIIQ, seperti lafazh : بما  ( BIMAA )
huruf MIM termasuk huruf ISTIFAAL yang harus dibaca TARQIIQ, maka huruf  ALIF tersebut terbawa TARQIIQ oleh huruf MIM. dll.
jadi huruf  LAM, RO  dan ALIF  suatu sa'at bisa TAFKHIIM dan bisa juga TARQIIQ.
2. LAM  LAFZHUL JALAALAH ( LAM LAFAZH : الله ) setelah huruf yang berharkat KASROH. seperti contoh lafazh :  بالله ( BILLAAHI )    لله ( LILLAAHI ) 
  بسم الله  ( BISMILLAAHI ) dll.
3. huruf   ر   ( RO ) yang berhakat KASROH. seperti contoh lafazh :  رزقا ( RIZQON )
    من خير   ( MIN KHOIRIN )  مريضا (MARIIDHON )  dll.
4. huruf  ر ( RO ) sukun/mati,dengan sukun ashli, setelah huruf yang berharkat KASROH.dan tidak menghadapi huruf ISTI'LAA. 
seperti contoh lafazh :     فرعون  ( FIR'AUNA )      مرية  ( MIRYATIN )  dll.
5.huruf ر  ( RO ) sukun/mati, dengan sukun 'ARIDHI ( sukun karena waqof ) setelah huruf yang berharkat KASROH. seperti contoh lafazh : 
مذكر ( MUDZAKKIR )  فطهر ( FATOHHIR ) dll.
6. huruf   ر  ( RO ) sukun/mati, dengan sukun 'ARIDHI, ( sukun karena waqof ) dan sebelumnya di dahului oleh huruf YA sukun/mati, dan sebelum YA mati ada huruf berharkat KASROH atau DHOMAH. seperti contoh lafazh : 
 قدير  ( QODIIR )    بشير   ( BASYIIR )
  ذلك خير   ( DZAALIKA KHOIIR )   الى الطير  ( ILATHTHOIIR )  dll.
7.huruf  ر ( RO ) sukun/mati, dengan sukun 'ARIDHI, ( sukun karena waqof ) dan sebelumnya di dahului oleh sukun ashli,dan huruf sebelumnya berharkat KASROH. seperti contoh lafazh : ولا بكر   ( WALAA BIKR )   سمعواالذكر  ( SAMI'UDZDZIKR )  dll.
8huruf   ر ( RO ) yang di IMAALAH kan.
 seperti contoh lafazh : مجرىها ( MAJREEHA ).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar