Cursor

Senin, 14 Januari 2013

Pengertian Tajwid

Pengertian Tajwid menurut lughoh (bahasa) adalah,التحسين (ATTAHSIIN) yang artinya membaguskan atau membuat jadi bagus.
atau pengertian tajwid menurut lughoh itu adalah  الا تيان  بالجيد  (AL ITYAANU BILJAYYIDI)  artinya mendatangkan yang baik/bagus.
sedangkan pengertian tajwid menurut ishtilah adalah 
علم يعرف به اعطاء كل حرف حقه ومستحقة من الصفات والمدود وغيرذلك كالترقيق والتفخيم و نحوها 
 ( 'ILMUN  YU'ROFU BIHI I'THOOU KULLI HARFIN HAQQOHU WAMUSTAHAQQOHU MINASHIFATI WAL MUDUDI WAGHOIRI DZALIKA KATTARQIQI WATTAFKHIMI WANAHWIHA). artinya: ilmu yang memberikan segala pengertian tentang huruf,baik hak hak huruf(haqul huruf) maupun hukum hukum baru yang timbul setelah hak hak huruf(mustahaqul huruf)yang terdiri atas sifat sifat huruf,hukum hukum mad,dan lain sebagainya seprti tarkik,tafkhim,dan yang semisalnya.

B.TUJUAN MEMPELAJARI ILMU TAJWID                                                                                       tujuan mempelajari ilmu tajwid adalah:  menjaga lisan dari kesalahan ketika membaca alquran&hadis nabi saw,serta sampai kepada puncak kesempurnaan dalam membaguskan bacaan alquran sesuai dengan yang di ajarkan oleh nabi saw yang paling pasihat.

C.FAIDAH MEMPELAJARI ILMU TAJWID
faidah mempelajari ilmu tajwid adalah: mendapatkan kebahagiaan di dunia&di akhirat (SA'ADATUDDAROIN)

D.HUKUM MEMPELAJARI ILMU TAJWID
hukum mempelajari ilmu tajwid adalah FARDU KIFAYAH atau merupakan kewajiban kolektip. ini artinya mempelajari ilmu tajwid secara mendalam tidak di haruskan bagi setiap orang,tetapi cukup di wakili oleh beberapa orang saja.namun jika dalam satu kaum tidak ada seorang pun yang mempelajari tajwid maka berdosalah seluruh kaum itu.
adapun hukum membaca alquran dengan memakai ilmu tajwid adalah FARDU AIN atau merupakan kewajiban pribadi.ini artinya ketika seseorang membaca alquran dengan tidak memakai aturan tajwid,maka berdosalah orang tersebut. sebagai mana firman alloh dalam suroh al muzammil ayat 4:       و رتل القرآن ترتيلا  ( WAROTTILIL QUR AANA TARTIILA ) artinya: bacalah alquran dengan tartil.   menurut imam 'ali karromallohu wajhah: tartil itu adalah TAJWIIDUL HURUFI WA MA'RIFATUL WUQUUFI.artinya: membaguskan bacaan huruf(membaca huruf sesuai ilmu tajwid)dan mengetahui waqof.  syaikh ibnul jazari mengatakan:
والأخذ بالتجويد حتم لازم
من لم يوجود القرآن أثم  


WAL AKHDZU  BITTAJWIIDI  HATMUN  LAAZIMUN
MAN  LAM  YUJAWWIDIL QUR AANA  ATSIMUN

memakai ilmu tajwid adalah kewajiban yang misti
siapa baca alquran tanpa tajwid maka dosa pasti

4 komentar:

  1. Assalamu'alaikum,wr.wb, afwan ana ijin copy ustadz, semoga bermanfaat... Jazakallahu khairan...

    BalasHapus
  2. w'alaikumsalam.wr.wb. tafadhol ya akhi, dengan senang hati..mudah mudahan bermanfa'at..amiin.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    ijin copy ustadz, jazakallahu khoir

    BalasHapus